Ourinkbook

pertama antara perguruan tinggi negeri dan swasta yang mudah diingat adalah institusi/lembaga yang menyelenggarakannya. Perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi yang dimiliki dan dikuasai oleh negara. Perguruan tinggi swasta, sebaliknya, dimiliki dan dikelola oleh perorangan atau organisasi yang umumnya berbentuk yayasan.

2. Biaya Kuliah

Dulu, biaya kuliah di kampus negeri yang setara dengan perguruan tinggi swastahttps://lift-indonesia.com/ , umumnya lebih murah. Inilah alasan banyak orang tua mendorong anak-anak mereka untuk kuliah di universitas negeri.

Tentu saja, biaya kuliah PTN disubsidi oleh pemerintah, sehingga lebih murah daripada perguruan tinggi swasta. PTN menetapkan satu kali biaya kuliah (UKT) setiap semester berdasarkan kemampuan finansial mahasiswa. Namun, aturan ini hanya berlaku untuk siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Jika diterima melalui jalur mandiri, UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (SPI) harus dibayarkan pada saat pendaftaran ulang.

Di sisi lain, Perbedaan dari biaya kuliah PTS tergantung pada pedoman PTS masing-masing. Biaya biasanya dikategorikan sebagai biaya masuk, biaya pendaftaran kembali, biaya kuliah semester atau BPP, sumbangan dari lembaga, biaya UTS dan UAS, biaya pelatihan praktik, biaya SKS, dll.

Meskipun begitu, saat ini biaya kampus negeri dan swasta cukup bersaing, jadi keduanya memiliki biaya yang tidak jauh berbeda.

3. Gedung Kuliah  dan Fasilitas Kampus

Perguruan tinggi negeri biasanya memiliki fasilitas yang lengkap, terutama bangunannya. Bangunan di kampus negeri biasanya sudah cukup tua, dengan bangunan yang sudah ada puluhan tahun. Selain itu, fasilitas pendukung lainnya seperti mushola, ruang makan, Wi-Fi, perpustakaan dan ruang belajar sudah lengkap. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa jumlah institusi perguruan tinggi negeri sudah mencukupi.

Perbedaan dengan swasta tidak jauh berbeda dengan kampus negeri. Masih banyak gedung-gedung baru di kampus-kampus swasta, karena kampus-kampus swasta belum banyak dibangun seperti kampus-kampus lama negeri. Dari segi fasilitas, kedua tipe kampus ini pada umumnya menggunakan standar fasilitas yang sama.

Semua fasilitas di atas juga dimiliki di kampus swasta. Hanya saja ada sedikit perbedaan luas wilayah, kampus Negeri memiliki area yang lebih luas ketimbang Kampus swasta. Hal ini cukup jelas mengingat kampus Negeri sudah didukung oleh pemerintah.

4. Pilihan Jurusan di universitas Negeri dan Swasta

Pilihan program studi atau jurusan di PTS biasanya lebih variatif dan spesifik. Contoh: Multimedia Kampus Universitas Nusantara memiliki jurusan jurnalistik digital yang lebih spesifik dari jurnalistik pada umumnya.

Jurusan di PTN lebih umum seperti Manajemen, Sastra Indonesia, Teknik Industri dan Kedokteran. Tapi jangan khawatir tentang prospek pekerjaan Anda. Peluang kerja baik lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta sangat terbuka lebar. Itu semua tergantung pada semangat dan dedikasi Anda saat belajar.

Leave a Comment »




50 queries. 1.488 seconds. 4.5MB
Copyrights © 2015